Selasa, 13 November 2012

Media di Era Digital


Oleh:  Ibu Diah Ayu Candraningrum MBA, MSi

Sebelum ada Internet dan Website, perusahaan dan pengiklan sangat mengandalkan koran dan majalah cetak, billboard, flyer, radio serta televisi sebgai media kampanye produk. Di era digital seperti sekarang, media iklan mengalami perkembangan pesat secara kuantitatif maupun kualitatif : interakttif, dinamis dan fleksibel. Kini kita telah ada di era New Media.


Meski demikian, media-media iklan yang dikategorikan sebagai old media tampaknya tetap memiliki peran penting, saling melengkapi dan berjalan bersama dengan new media. Terbukti banyak perusahaan koran dan majalah cetak, juga mengeluarkan versi online (website dan e-paper) dan menjalankan keduanya.

Media kedepannya sudah semakin berubah. Dulu orang mencari informasi melalu media cetak, radio dll namun karena perkembangan jaman yang semakin hari menuju ke arah yang lebih modern sudah mulai mempergeser media cetak sehingga internet mempunyai peranan yang lebih dominan.

Yang akan kita jumpai di era new media adalah layar komputer, layar tv dan layar handphone. Di zaman serba modern orang kedepannya tidak akan menggunakan langganan koran lagi (Media Cetak ). Jika ingin mencari informasi yang lengkap bisa menggunakan komputer, tv, bahkan handphone. Koran kedepannya akan mati karena tidak terlalu dibutuhkan. Dengan internet informasi yang didapat lebih cepat dan lebih praktis dan orang tidak perlu megeluarkan uang lebih untuk membeli atau berlangganan koran sebab internet sudah mencakup semuanya. Di handphone-handphone contohnya Blackberry orang semua sudah menggunakan langganan internet sehingga dapat melakukan komunikasi lebih cepat melalui Blackberry Messager, bisa melalui browser dll sehingga berita yang lebih terbaru lebih cepat diketahui oleh masyarakat sehingga tidak perlu membeli atau berlangganan koran dsb lagi. Dengan internet orang lebih gampang mencari informasi, bersosialisasi antara yang satu dengan yang lainnya (Menggunakan Facebook, twitter) oleh sebab itu internet sudah sangat dibutuhkan oleh manusia.


  1. Pengguna internet di indonesia sebesar 34 juta dan menempati urutan terbesar ke 5 di Asia,
  2. Facebook 30,1 juta terbesar didunia
  3. Pengguna twitter 6,2 juta terbesar didunia,
  4. Pengguna blogger 47 juta.
  5. Pengguna mobile internet di gadget sebesar 25 juta.


Sudah terbukti bahwa orang asia sudah banyak yang mempergunakan internet dan melakukan jejaringan sosial. Tetapi dalam beriklan orang masih menggunakan media televisi sebagai sarana untuk pengiklanan karena di televisi berupa gambar (biasa di edit background dsb) sehingga orang tertarik dengan produk yang diiklankan tersebut.

Alasan mengapa periklanan tumbuh dan berkembang pesat, diantaranya adalah:

-Tarif Murah
-Jangkauan Global
-Teknologi mampu menamoilkan semua jenis informasi
-Bisnis media online tumbuh
-Akses Mobile Tumbuh

Disamping itu ada beberapa karakteristik yang tidak dimiliki media lain antara lain:

-Tidak terbatas ruang atau tempat
-Penyajian dapat berupa teks , foto, video, suara dan grafik
-Periodisasi terbit
-Interaktif/Forum/ Sosial/ Network


Sumber Gambar :
http://dodimaulanaf.wordpress.com/2012/10/21/konsep-dasar-new-media/
http://arickanjass.blogspot.com/2012/09/sejarah-perkembangan-internet-new-media.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar