Selasa, 09 Oktober 2012

Budaya Perancis : "Robert Badinter"



Dosen : Madam Christine

Tokoh yang terkenal di Perancis yaitu Robert Badinter lahir 30Maret 1928. Robert Badinter berasal dari keluarga Yahudi keturunan Rusia, yang berimigrasi ke Perancis pada tahun 1921, selama Perang Dunia II ayahnya dideportasi dari Lyon.

Robert Badinter adalah seorang pengacara pidana Perancis,profesor dan politisi terutama dikenal karena perjuangannya melawan hukuman mati, penghapusan yang ia berhasil mensponsori di Parlemen pada tahun 1981 . Seorang anggota Partai Sosialis (PS), ia menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan kemudian Presiden Dewan Konstitusi bawah François Mitterrand.




Perjuangan Badinter melawan hukuman mati dimulai setelah eksekusi Roger Bontems itu, pada tanggal 28 November 1972. Seiring dengan Claude Buffet, Bontems telah mengambil seorang penjaga penjara dan seorang sandera perawat selama pemberontakan 1971 di Penjara Clairvaux. Sementara polisi menyerbu gedung, Prasmanan menggorok leher para sandera '. Badinter adalah pengacara Bontems, dan meskipun didirikan selama persidangan bahwa Buffet sendiri adalah pembunuh, juri masih memutuskan untuk menghukum kedua pria mati. Menerapkan hukuman mati kepada seseorang yang tidak membunuh, Badinter marah ke titik bahwa ia mengabdikan diri untuk penghapusan hukuman mati.

Pada tahun 1789 diciptakan alat penggal bernama Giyotin untuk menghukum nara pidana.Berkat Robert Badinter Henry dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, meskipun ia dibebaskan pada tahun 2001.

Hukuman mati masih diterapkan di Perancis pada sejumlah kesempatan (tiga orang dieksekusi antara tahun 1976 dan 1981), tetapi menjadi masalah yang menjadi perhatian publik yang cukup besar.


Pada tahun 1981,  Badinter menjadi Menteri Kehakiman. Di antara tindakan pertamanya adalah tagihan kepada Parlemen Prancis yang menghapuskan hukuman mati untuk semua kejahatan, yang DPR sebagai setelah perdebatan yang sengit pada tanggal 30 September 1981.

Selama mandat, ia juga melewati beberapa undang-undang, seperti:

  • Penghapusan "pengecualian d'yuridiksi" ("percobaan yang luar biasa"), seperti de Cour de l'État Surete ("Keamanan Pengadilan Negara") dan pengadilan militer di masa damai.
  • Konsolidasi kebebasan pribadi (seperti penurunan usia persetujuan untuk seks homoseksual dengan untuk seks heteroseksual).

  • Improval Hak Korban (setiap terpidana dapat membuat banding sebelum Komisi Eropa untuk Hak Asasi Manusia dan Pengadilan Eropa untuk Hak Asasi Manusia)
  •     Pengembangan kalimat tanpa kehilangan kebebasan (seperti layanan masyarakat untuk kejahatan kecil ringan)



Hukuman mati dihapuskan secara resmi pada tanggal 10 Oktober 1981 di Perancis. 63% polling dari masyarakat tidak setuju hukuman mati dihapuskan.

Dia tetap seorang menteri sampai dengan 18 Februari 1986.

Dari Maret 1986 sampai Maret 1995 dia adalah ketua Dewan Konstitusi Perancis, dan sejak tanggal 24 September 1995 ia telah menjadi senator untuk département Hauts-de-Seine. Pada tahun 1991, Dia diangkat oleh Dewan Menteri dari Komunitas Eropa sebagai anggota Komisi Arbitrase Konferensi Perdamaian di Yugoslavia. Dia terpilih sebagai Presiden Komisi oleh empat anggota lainnya, semua Presiden pengadilan konstitusional di Masyarakat Eropa. Komisi Arbitrase telah memberikan nasihat pada sebelas "pertanyaan hukum utama" timbul oleh perpecahan SFRY tersebut.


Tahun 2007 hukuman mati masuk kedsalam konstitusi. Robert berjuang di  HAM. Robert Badinter menjadi Presiden Dewan Konstitusi Perancis pada tahun 1.986-1.995.Ia juga menjadi menteri Kehakiman  pada tahun 1981-1986 (pengunduran diri, menjadi Presiden Dewan Konstitusi Perancis). Selain itu ia juga terpilih menjadi Senat Perancis pada tahun 1995, terpilih kembali pada tahun 2004.Di Perancis hukuman mati ditujukan pada pengkhiatan Negara pada zaman peperangan.

Beberapa alasan pro atau kontra pada hukuman mati :

PRO
KONTRA
Apabila pemerkosaan, pembunuhan,BOM,Korupsi,narkotika
Hak Asasi Manusia
Penjara lebih buruk dan lebih mahal
Hubungan atau penderitaan keluarga
Agqama : mata ganti mata, gigi ganti gigi
Komplotan tidak dibongkar
Bisa balas dendam
Agama : Hanya Tuhan yang boleh ambil hidup manusia

Kesempatan untuk memperbaiki diri

Berat untuk eksekusi

Salah tangkap

Sumber Foto :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar