Oleh: Ibu Diah Ayu Candraningrum MBA, MSi
Sebelum ada
Internet dan Website, perusahaan dan pengiklan sangat mengandalkan koran dan
majalah cetak, billboard, flyer, radio serta televisi sebgai media kampanye
produk. Di era digital seperti sekarang, media iklan mengalami perkembangan
pesat secara kuantitatif maupun kualitatif : interakttif, dinamis dan
fleksibel. Kini kita telah ada di era New Media.
Meski
demikian, media-media iklan yang dikategorikan sebagai old media tampaknya tetap
memiliki peran penting, saling melengkapi dan berjalan bersama dengan new
media. Terbukti banyak perusahaan koran dan majalah cetak, juga mengeluarkan
versi online (website dan e-paper) dan menjalankan keduanya.
Media
kedepannya sudah semakin berubah. Dulu orang mencari informasi melalu media
cetak, radio dll namun karena perkembangan jaman yang semakin hari menuju ke
arah yang lebih modern sudah mulai mempergeser media cetak sehingga internet
mempunyai peranan yang lebih dominan.
Yang akan
kita jumpai di era new media adalah layar komputer, layar tv dan layar
handphone. Di zaman serba modern orang kedepannya tidak akan menggunakan
langganan koran lagi (Media Cetak ). Jika ingin mencari informasi yang lengkap
bisa menggunakan komputer, tv, bahkan handphone. Koran kedepannya akan mati
karena tidak terlalu dibutuhkan. Dengan internet informasi yang didapat lebih
cepat dan lebih praktis dan orang tidak perlu megeluarkan uang lebih untuk
membeli atau berlangganan koran sebab internet sudah mencakup semuanya. Di
handphone-handphone contohnya Blackberry orang semua sudah menggunakan langganan
internet sehingga dapat melakukan komunikasi lebih cepat melalui Blackberry
Messager, bisa melalui browser dll sehingga berita yang lebih terbaru lebih
cepat diketahui oleh masyarakat sehingga tidak perlu membeli atau berlangganan
koran dsb lagi. Dengan internet orang lebih gampang mencari informasi,
bersosialisasi antara yang satu dengan yang lainnya (Menggunakan Facebook,
twitter) oleh sebab itu internet sudah sangat dibutuhkan oleh manusia.
- Pengguna internet di indonesia sebesar 34 juta dan menempati urutan terbesar ke 5 di Asia,
- Facebook 30,1 juta terbesar didunia
- Pengguna twitter 6,2 juta terbesar didunia,
- Pengguna blogger 47 juta.
- Pengguna mobile internet di gadget sebesar 25 juta.
Sudah terbukti bahwa orang asia sudah banyak yang mempergunakan internet dan melakukan jejaringan sosial. Tetapi dalam beriklan orang masih menggunakan media televisi sebagai sarana untuk pengiklanan karena di televisi berupa gambar (biasa di edit background dsb) sehingga orang tertarik dengan produk yang diiklankan tersebut.
Alasan mengapa periklanan tumbuh dan berkembang pesat, diantaranya adalah:
-Tarif Murah
-Jangkauan Global
-Teknologi mampu menamoilkan semua jenis informasi
-Bisnis media online tumbuh
-Akses Mobile Tumbuh
Disamping itu ada beberapa karakteristik yang tidak dimiliki media lain antara lain:
-Tidak terbatas ruang atau tempat
-Penyajian dapat berupa teks , foto, video, suara dan grafik
-Periodisasi terbit
-Interaktif/Forum/ Sosial/ Network
Sumber Gambar :
http://dodimaulanaf.wordpress.com/2012/10/21/konsep-dasar-new-media/
http://arickanjass.blogspot.com/2012/09/sejarah-perkembangan-internet-new-media.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar