Public
Relations merupakan sebuah bisnis yang disebut multiply billion dollars, atau
bisnis yang bernilai miliaran dollar dan merupakan salah satu industri yang
semakin hari semakin berkembang dan saat ini, PR sanggat dibutuhkan di berbagai
perusahaan besar. Dalam bahasan kali ini, PR banyak sekali dibutuhkan oleh
perusahaan bank besar dan mereka menerima karyawan yang fresh graduated dengan
gaji atau pendapatan berkisar Rp. 4 juta
.
PR
dapat didefinisikan sebagai sebuah proses didalam mempengaruhi opini publik
melalui pembangunan karakter dan memiliki performa yang saling menguntungkan,
serta mengandung unsur komunikasi dua
arah. PR harus mempunyai hubungan yang baik terhadap publik eksternal maupun
publik internalnya.
PR
: Exchange on Multiple Front
Dalam
kajian ini, ada beberapa pertanyaan yang dapat kita ajukan kepada diri kita
sendiri ketika kita ingin memilih Public Relations sebagai karir :
·
Apakah anda tertarik
dengan sesuatu yang ada disekitar anda ?
Untuk menjadi seorang PR kita harus peka terhadap
lingkungan disekitar kita, hal ini dapat dimulai dari lingkungan kecil
disekitar kehidupan kita seperti, lingkungan tempat tinggal.
·
Apakah anda mempunyai
kemampuan komunikasi yang baik ?
Kemampuan komunikasi merupakan modal dasar sekaligus
modal yang memiliki nilai besar bagi seseorang untuk menjadi seorang Public
Relations
·
Apakah anda siap
bekerja dibawah tekanan ?
Menjadi
seorang PR bukanlah hal yang mudah, karena mereka harus mampu untuk mengejar
deadlini sehingga harus memiliki mental yang kuat untuk bekerja dibawah
tekanan.
Adapun
beberapa kualitas dan kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi
seorang Public Relations :
Ø Kemampuan
untuk menggunakan kemempuan verbal yang baik dalam menulis maupun bercakap.
Ø Bisa
bertindak multitasking dan memanage waktu se-efektif mungkin .
Ø Mampu
bekerja dengan baik dalam organisasi dan individual serta membuat planning
dalam setiap tindakan.
Ø Mempuntai
kemempuan untuk membangun hubungan yang baik dengan setiap media yang ada.
Skill
and qualities working in PR :
·
Analyze management
needs
·
Countsel management
·
Identify causes of
problems
·
Research into public
opinion, attitude and expectations
·
Plan, organize and co –
ordinate task
·
Monitor and follow up
·
Set goal and objectives
·
Motivate and influence
others
·
Communicate
effectivelly with individual and group
·
Write and edit press
release, and report
·
Work effectivelly with
journalist
·
Work with others
·
Estabilish financial
controls.
:
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar